Minggu, 24 April 2011

SEDIKIT TIPS DALAM MEMBUAT LAGU


Sejak lama sebenarnya saya hobi bermain musik, walaupun tidak semua alat musik mahir aku mainkan. Cukup gitar dan piano sudah sangat membantu. Cerita sedikit, sebenarnya hobi membuat lagu sudah ada semasa SMP ketika tugas seni musik untuk membuat sebuah lagu, dan hobi ini terus aku dalami sampai sekarang. Kalo dipikir - pikir memang bosan juga bawain lagu orang melulu, mending kan bawain lagu ciptaan sendiri, bener gak cuy?
Ini ada sedikit tips dari pengalaman saya sendiri, tapi ini menurut versi saya.

1. Pertama, tentuin dulu apa aliran musik buat lagu kamu, apakah metal, rock ataupun yang slow aja, dan tentuin apakah lagu kamu adalah jenis lagu yang bersemangat atau lagu sedih. Seperti kayak waktu SMP dulu, hehe.
2. Kalo menurutku, tentuin dulu kunci atau chord lagu kamu, cara ini akan mempermudah pembuatan lagu nantinya, menurutku.
3. Jangan gunakan alat musik listrik, gunain aja alat musik biasa supaya nada - nada terdengar lebih asli.
4. Carilah inspirasi ditempat - tempat yang kamu anggap nyaman, biar lebih bagus, carilah tempat yang tidak biasa, seperti diatas pohon dll.
5. Rekam hasil lagu kamu sementara, misalkan kamu sudah nemuin chord dan nada - nada, apabila lirik belum kamu buat, coba nyanyikan dengan siulan atau kata na na na na. Dengan rekaman ini, kamu bisa merubah, memperbaiki dan menambahkan lagu kamu sedikit demi sedikit.
6. Apabila lagu kamu sudah jadi, jangan lupa publikasikan kepada teman, keluarga bahkan pacar, dan mintalah penilaian, kritik dan saran. Pasti lagu kamu bakal keren.

Asyik kan berkreasi, jangan ragu - ragu salurin hobi kamu, ya seperti membuat lagu ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar