Kamis, 23 Desember 2010

TIPS SUKSES UJIAN


Pengen sukses dalam ujian, tapi metode belajar yg asal2an. Kemungkinan besar faktor ini yg menyebabkan kegagalan.
Sekarang saya akan kasih beberapa tips yg mungkin bisa membantu untuk sukses dalam ujian.

1. Buat catatan yang singkat
Jangan mencatat semua materi dari guru, gunakan kata2 dan kalimat kamu sendiri dan usahakan mencatat sesingkat mungkin tetapi juga mudah dimengerti olehmu. Catat pokok2 materi yg penting supaya lebih cepat dan mudah untuk dipahami bukan dihafalkan.
Malamnya, luangkan waktu sekitar 5 menit untuk membaca dan memahami pokok2 materi yg telah dicatat.

2. Harus mengerti dan memahami seluruh materi
Tidak jarang guru memberikan materi yg akan keluar dalam ujian terlebih dahulu sebelum diadakan ujian. Inilah kesempatan kita untuk bisa memahami materi2 tsb.
Apabila ada materi yg belum atau kurang dipahami, segera tanyakan kepada teman atau guru sekalian.

3. Pilih waktu yang tepat untuk belajar
Jangan pernah memutuskan untuk tidur beberapa jam sebelum belajar, karena konsentrasi akan kurang disaat seperti itu.
Jangan belajar hingga larut malam, sebaiknya belajarlah sebelum makan malam dan beberapa jam sesudah bangun tidur di pagi hari. Tidur yg cukup juga merupakan faktor yg penting demi kesuksesan ujian.

4. Bentuk kelompok belajar
Cara ini memang terkesan kuno, tapi cukup berhasil. Caranya adalah bentuk kelompok dengan anggota antara 4 - 5 orang yg nantinya memiliki tugas untuk memahami materi yg berbeda-beda dan mengajarkannya kepada teman2 satu kelompoknya. Berlaku juga bagi semua anggota. Cobalah buat suasana sesenang mungkin.

5. Pilih tempat belajar yang tenang
Jangam belajar dalam keadaan gaduh dan berisik, jika perlu matikan tv, radio dan benda lainnya yg kiranya mengganggu konsentrasi.

6. Pelajari materi yang belum dipahami
Jangan buang2 waktu untuk mempelajari materi yg sudah kamu kuasai. Beralihlah ke materi yg belum kamu pahami.

7. Buatlah jadwal belajar
Buatlah sebaik dan seefektif mungkin, dan harus patuh pada jadwal yg telah kamu buat. Jika hal ini terus dijaga, dijamin kamu akan terbiasa dan mahir tentunya.

8. Istirahat cukup
Janganlah belajar terus-terusan, berikan sedikit jeda sekitar 5 - 10 menit setelah belajar selama ± 30 - 45 menit. Gunakan waktu istirahat untuk setidaknya melemaskan otot, berdiri sejenak bahkan senam juga tidak masalah. Tapi janganlah melakukan sesuatu yg membuat kamu keterusan dan malas melanjutkan belajar.

Hanya ini yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.
Yang jelas jaga terus semangat belajar, karena masa depan kita yang menentukan. Bila kita berusaha pasti tuhan akan berikan yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar